Pages

Monday, December 10, 2007

Web dengan Ajax itu mudah.


Dulu pertama kali aku dikenalin Ajax sama Mr Pataya alias Pak Ridwan maklum kan dari thailand, sangat tertarik banget, Ajax disini bukan club sepakbola lho tapi bahasa pemrograman berbasis web. Aku coba cari2 di google ternyata tidak semudah yang Pak Ridwan bilang. Ya mungkin waktu itu aku masih belum bisa php jadi tidak begitu jelas.

Setelah beberapa bulan aku mencoba belajar php ternyata php tuh lumayan mudah. Lama2 belajar php tuh mengasikkan. Biasanya klu ngalami kesulitan aku coba mbuka w3schools disitu mau cari apa saja yang berbasis web pasti ada. Lha kebetulan aku mbuka bagian yang php kok ada php-ajax trus aku coba buka trus coba baca2, kok kelihatannya mudah udah gitu disitu ada contohnya jadinya aku tertarik. Setelah sampek dirumah aku coba mbuat2 web sederahana pake ajax kok ternyata gampang. Yah dari situ jadi aku mulai tertarik lagi sama nama ajax. Ajax itu istilah gabungan antara javascript, html, php, ajax punya beberapa kelebihan dibanding web biasa yaitu lebih ringan karena dengan ajax kita hanya perlu memanggil isinya saja untuk yang lainnya dipanggil pertama kali. Nih salah satu contoh web yang aku buat ma temenku yang berbasis ajax http://www.unika.web.id/ ama satu lagi http://ikom.web.id/ tapi klu soal design aku paling ndak bisa. he3

No comments: